I made this widget at MyFlashFetish.com.

Kamis, 23 Februari 2012

Kesombongan Iblis terhadap Adam a.s.

Ketika Allah SWT. menciptakan Nabi Adam a.s. Allah SWT. berfirman : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi ini. Dan malaikat berkata, Apakah Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi ini orang yang membuat kerusakan dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu serta mensucikan-Mu? Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui. Dan Allah SWT. mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para malaikat, lalu berfirman, Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kalian memang orang-orang yang benar. Mahasuci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami, sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana. Kemudian Allah SWT. berfirman kepada malaikat, Bersujudlah kalian kepada Adam. Seluruh malaikat pun bersujud, kecuali iblis. Ia enggan dan menyombongkan diri. (QS Al Baqarah/2: 30-34) Allah SWT. berfirman, Hai iblis, apakah yang mengahalangimu sujud kepada yang telah Kuciptakan dengan kedua (tangan-Ku)? Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang lebih tinggi? Dengan sombong iblis berkata, Aku lebih baik darinya karena Engkau telah menciptakan aku dari api, sedangkan Engkau ciptakan Adam dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang dibentuk. Allah swt. murka kepada iblis. Maka kelurlah kamu dari surga. Sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk, dan sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan. Ya Tuhanku, berikanlah tangguh kepadaku sampai hari mereka dibangkitkan. Jika demikian, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang dibei tangguh sampai pada hari yang telah ditentukn waktunya (hari kiamat). Ya Tuhanku, karena Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, maka aku akan menyesatkan mereka semua, kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis (ikhlas) di antara mereka. Maka yang benar adalah sumpah-Ku, dan hanya kiebenaran itulah yang Kukatakan. Sesungguhnya Aku akan memenuhi neraka Jahanam dengan jenismu dan orang-orang yang mengikutimu di antara mereka semua. (QS Sad/38: 67-68) Disadur dari : Ibnu Katsir, Kisah Para Nabi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar